Sabtu, 22 Mei 2010

TIPE - TIPE PRESENTASI

Menyambung dari artikel yang sebelumnya (PRESENTASI MERCHANDISE), disini VM.04 mencoba mengurai beberapa tipe Presentasi Merchandise, yang merupakan Rangkaian dari Kegiatan menata barang dagangan.

1. Item Presentasi (IP)
Meliputi semua stok merchandise dalam toko, baik yang di gantung maupun yang diletakkan didalam rak.
2. Visual Presentation (VP)
Merupakan display umum yang di terapkan pada seluruh penjuru toko, agar menarik.Selain itu untuk merefleksikan Thema secara dramatis. VP harus bersifat informatif dan mendidik. 
Misal : Show Window, Centre Point, Stage dll.



3. POINT OF SALE PRESENTATION
Display langsung dari presentasi barang, memungkinkan Anda untuk memberikan penekanan khusus pada merchandise masing-masing item, baik size, warna maupun model.

Untuk menghasilkan display yang maksimal dan memenuhi standard yang di ditentukan oleh Perusahaan ataupun selera Pasar, kita (visual merchandiser) harus lebih banyak berkoordinasi dengan Pihak Counter/Sales People (Supervisor area, Koordinator, Pramuniaga dan SPG).

Beberapa Pengertian Media Visual Presentasi

  • Center Point  ialah Media pemajangan barang yang mewakili sebagian besar merchandise yanga ada didalam suatu counter. 
  • Stage Sebagai Vocal Point ialah Media pemajangan barang yang mewakili satu jenis/klasifikasi tertentu dari suatu counter.
  • Ram Dispplay Media pemajangan yang di letakkan di dinding ataupun di tengah area. 
  • T-Hanger ialah Media pemajanagn barang sebagai vocal point di setiap jenis klasifikasi barang.   Misal : T-Shirt dll
  • Mannequint & Dressmaking ialah Media / Patung yang digunakan sebagai media display atau peragaan, biasanya untuk menampilankan barang-barang tertentu yang lagi Tren secara Live Style.
Selain Merchadise yang bagus, harga yang murah...media visual presentasi diatas juga merupakan faktor penting yang dapat menyumbang naik turunnya suatu transaksi pada tiap-tiap area penjualan.
Karena Media Visual Presentasi merupakan Cerminan dari sebuah Counter yang dapat membantu Customer untuk mengambil keputusan Belanja. Semakin Cepat Customer Memillih Suatu Barang, Semakin Banyak Pula Waktu Mereka Untuk Memilih Barang Lain. Ini artinya OMZETpun Meningkat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar