PRESENTASI MERCHANDISE (Penataan Barang Dagangan)
Perlu kita sadari kembali, bahwa kita senantiasa berhubungan erat dengan merchandise. Namun kita juga senantiasa ikut memikirkan dimana, bagaimana, dengan apa barang dagangan diletakkan/ disusun, serta dengan apa/bagaimana agar merchandise dengan mudah dapat berkomunikasi dengan customer (pelanggan).
APA YANG DI MAKSUD DENGAN PRESENTASI MERCHANDISE?
Suatu bentuk yang terorganisir dan kreatif, dari penataan barang yang menarik, di Selling Floor (area penjualan) untuk memaksimalkan penjualan.
MENGAPA PRESENTASI MERCHANDISE PENTING DILAKUKAN?
Karena jumlah penjualan mencerminkan dampak dari program penataan. Mutu yang tinggi dari presentasi barang akan merangsang pembelian dan penjualan barang tersebut serta "barang lain yang terkait "
sebagai contoh :
Pernahkah Anda merasa membeli barang yang sebenarnya belum tentu Anda butuhkan?
Padahal Niat Anda untuk membeli barang tertentu saja bukan barang yang sedang anda lihat.
Maksudnya :
Anda Berencana membeli Sepasang sepatu, karena memang anda sangat membutuhkan sepatu tersebut. Sesampainya Anda di sebuah Counter sepatu yang Anda Lihat bukan hanya sepatu, yg menarik perhatian Anda disitu ada barang lain dengan Warna yang Bagus, Koleksi Lengkap dan Baru (new arrival) serta Harganya sangat menggiurkan.
Berkat Penataannya yang menarik, pemandangan itu beberapa saat sempat membuat Anda lupa dengan tujuan semula yaitu "Membeli Sepasang Sepatu".....
Sampai pada akhirnya Mata Anda tertuju pada Pajangan (display) Kaos kaki atau Ikat Pinggang yang tepat bersebelahan dengan Display Sepatu (Display yang baik tentunya mengutamakan barang-barang yang terkait dan berhubungan dengan satu sama lainnya, guna meningkatkan penjualan yang setinggi-tingginya) dan Anda membelinya. Tanpa Anda sadari, Anda sudah menambahkan satu Daftar belanjaan Anda yang sebelumnya sama sekali tidak Anda Rencanakan.
Dari contoh kasus di atas dapat kita ambil kesimpulan Bahwa Display Bagus Bukan hanya bergantung dgn Ketersediaan Barang Yanga Banyak dan Baru saja, ada faktor lain yang menyebabkan sebuah Presentasi itu dapat di nilai berhasil. seperti Misalnya GROUPING, COLORIZING, SIZING (akan kita bahas pada artikel selanjutnya)
PRESENTASI MERCHANDISE yang baik dapat membantu Customer untuk belanja dengan Cepat, tanpa menghabiskan banyak waktu mereka, lebih efisien, menciptakan suasana belanja yang nyaman, sehingga Customer dapat berbelanja lebih dari apa yang mereka rencanakan.
Hal ini akan membantu customer untuk mengambil keputusan dalam belanja.
Semakin Cepat Mereka Memilih Suatu Barang, Semakin Banyak Waktu Mereka Untuk Memilih Barang Lainnya (yang terkaiy) dan ini artinya omzet meningkat.
Presentasi Merchandise yang baik juga dapat Mengajak Customer untuk mengunjungi Counter/Display kita di setiap Departemnnya.
Presentasi yang baik juga dapat mempermudah SPG, Pramuniaga untuk mengontrol dan melakukan stok barang setiap harinya.
Presentasi yang baik juga dapat membantu kita untuk mengetahui keperluan penambahan stock.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar